Home | New here? Sign Up

5 Smartphone Paling Memikat di 2010

Pasar smartphone kian manis. Persaingan pun kian ketat seiring bermunculan para pemain baru di ranah ini. Dari sekian banyak smartphone yang hadir sepanjang 2010, beberapa di antaranya sukses memikat konsumen. Berikut adalah lima smartphone yang mencuri perhatian di 2010.

1. iPhone 4

Diterpa berbagai isu tak sedap rupanya tak membuat pesona iPhone 4 luntur. Dari mulai isu antenagate dan fungsi sensor yang kelewat sensitif memang sempat membuat jalan smartphone ini kurang mulus.

Tapi toh, kemudian terbukti jika iPhone 4 sukses kian melambungkan nama Apple. Baru tiga hari sejak peluncurannya saja, iPhone 4 sudah terjual 1,7 juta unit. CEO Apple Steve Jobs kala itu dengan bangga menyebutkan iPhone 4 adalah produk paling sukses dalam sejarah Apple.

2. Samsung Star

Sesuai dengan namanya, Star memang menjadi bintang dalam sejarah penjualan ponsel Samsung. Pionsel yang dibesut vendor asal Korea Selatan itu memang sudah dirilis sejak Mei 2009, namun penjualannya secara konsisten terus mengalami peningkatan hingga 2010.

S5230, demikian nama kode ponsel ini, sanggup membukukan penjualan 10 juta unit dalam kurun waktu enam bulan sejak diluncurkan. Menyusul kemudian 20 juta unit laris manis terjual setelah genap satu tahun. Lantas, pekan kemarin Samsung baru saja mengumumkan handset kebanggaannya itu laku 30 juta unit.

3. Nexus One

Kehadiran handset besutan Google ini memang sempat mencuri perhatian konsumen gadget. Namun sayang, dalam perjalanannya Nexus One gagal mencatat sukses penjualan. Sebulan melenggang di pasar, ponsel ini hanya sanggup terjual 80 ribu unit.

Melempemnya penjualan Nexus One diperkirakan karena cara penjualannya yang kurang memikat konsumen. Alhasil, Juli 2010, raksasa mesin pencarian itu akhirnya menghentikan penjualan Nexus One untuk versi online.

Meski demikian, yang perlu dicatat adalah, Nexus One menjadi smartphone pertama yang menunjukkan kekuatan Android. Platform muda yang dikembangkan oleh Google ini kini bersaing ketat dengan iPhone Apple. Di 2010, Android juga mendulang pangsa pasar yang besar. Tak diragukan lagi, dalam beberapa tahun ke depan Android sangat mungkin menjadi platform mobile favorit. Ya, meski penjualannya lesu, Nexus One tetap diperhitungkan untuk kontribusi ini.

4. Samsung Galaxy S

Selain Samsung Star, Galaxy S juga menjadi primadona di jajaran ponsel yang dirilis Samsung pada 2010. Smartphone berbasis Android ini segera menembus jumlah penjualan 10 juta unit secara global.

Pekan lalu, Samsung mengumumkan lebih dari 9 juta unit Galaxy S telah terjual di bulan ini dan sedikit lagi menyentuh angka 10 juta. Di negerinya sendiri, di Korea Selatan, popularitas Galaxy S sanggup menjungkalkan iPhone. Dua juta unit Galaxy S laku keras di sana, mengalahkan iPhone yang 'baru' mencapai 1,8 juta.

Larisnya penjualan Galaxy S menobatkannya menjadi smartphone Android terpopuler. Bahkan, handset ini disebut-sebut membayangi popularitas Apple iPhone 4.

5. BlackBerry Torch

Research In Motion (RIM) menghadirkan Torch sebagai penyempurnaan dari seri-seri BlackBerry sebelumnya. Terlebih dari sisi layar sentuhnya. Maklum saja, RIM sebelumnya bisa dibilang mengalami kegagalan ketika merilis Storm yang juga dibalut layar sentuh surepress.

Rasa penasaran untuk bangkit pun dihadirkan RIM ketika merilis Torch namun tanpa menghilangkan gaya khas BlackBerry, dengan keyboard qwerty-nya. Hal ini kemudian dipercantik dengan kehadiran BlackBerry OS 6 sebagai senjata di bagian dalam Torch.

Tak ayal, ketika kehadiran perdananya pada Agustus lalu, 'si obor' disebut-sebut bakal menggoyang kekuasaan iPhone dan berbagai ponsel Android yang makin ramai di pasaran.

http://www.detikinet.com/read/2010/12/27/132944/1533351/317/5-smartphone-paling-memikat-di-2010/

0 komentar: