Home | New here? Sign Up

Review HTC Desire Z Kupas Tuntas Jeroan Hingga Fitur Plus-plus

Salah satu hal yang diragukan pada HTC Desire Z adalah kecepatan prosesornya yang hanya 800MHz, berbeda dengan kebanyakan ponsel pintar terkini yang mengusung 1Ghz. Lantas bagaimana performanya ketika menjalankan beragam aplikasi kelas 'berat'?

Setelah membahas mengenai tampilan HTC Desire Z, kini detikINET akan coba mengulas lebih dalam mengenai performa produk ini. Mulai dari kekuatan prosesor, kualitas kamera, daya tahan baterai, dan beberapa fitur anyar yang diusungnya.

Jeroan yang Cukup Bertenaga

HTC Desire Z mengusung prosesor Qualcomm MSM 7230 berkecepatan 800 MHz, dengan 512MB memory RAM. Spesifikasi yang tergolong 'kelas bawah', jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel pintar terkini. Jadi wajar saja jika banyak penggila gadget yang meragukan kemampuan ponsel ini.   Meski hanya mengusung prosesor berkecepatan 800Mhz, HTC Desire Z ternyata masih mampu menangani aplikasi 'terberat' sekalipun. Bahkan di pada pengujian melalui Quadrant ponsel ini mampu menorehkan angka sampai 1518. Lebih besar dari Desire pertama yang mendapat 1288, namun sedikit lebih kecil dari Samsung Galaxy S dengan angka 1519. Semua ponsel tersebut sama-sama telah mengusung Android Froyo terbaru dari vendor terkait.

Selain menggunakan aplikasi benchmark, detikINET juga menjajal Desire Z untuk memutar file video berresolusi 1280 X 720, format MP4 dengan bitrate 6008kbps dan frame rate 24/sec. Hasilnya, ponsel ini mampu memainkan dengan mulus tanpa kendala. Namun sayangnya keluaran speaker dirasa kurang mumpuni. Bicara mengenai keluaran speaker, Desire Z tidak mendukung keluaran Dolby seperti yang ada pada saudaranya Desire HD. Jadi, jangan berharap lebih dari kualitas suara yang ditawarkannya.

HTC Desire dibekali dengan baterai berkapasitas Li-Ion 1300mAh, sedikit lebih kecil dari Desire pertama yang mengusung Li-Ion 1400mAh. Lalu bagaimana dengan daya tahannya?

Kekuatan baterai sesungguhnya memang tidak terlepas dari tata cara pemakaian. Namun sebagai gambaran, detikINET menggunakan ponsel ini dalam keadaan selalu terhubung koneksi 3G, digunakan untuk telepon dan SMS, ponsel yang dibanderol Rp 6,2 juta ini bisa bertahan hingga 10 jam.

Kualitas Kamera

HTC Desire Z dibekali kamera 5 megapixel yang bisa menjepret foto pada resolusi 2592 X 1944 pixel. Selain itu, kamera ini juga bisa merekam gambar bergerak di resolusi 1280 X 720 pixel dengan format 3GP dan 800 X 480 untuk format MP4.

Kamera pada ponsel ini juga dilengkapi dengan Auto Focus, lampu LED, Geo Tagging, dan pendeteksi wajah. Perbedaan yang paling menonjol adalah, Desire Z memiliki tombol khusus untuk menjepret gambar. Bisa dibilang inilah satu-satunya seri Desire yang memiliki fungsi tersebut.

Beragam efek gambar juga ditambahkan pada ponsel ini. Misalnya, efek Distortion, Vignete, Depth of Field, Vintage, Sephia, Grauscale dan lainnya. ISO yang ada pada kamera ini pun telah diperbaiki hingga dapat mengenali tingkat cahaya dengan cukup baik.

Hasil pengambilan gambar di luar ruangan memang sudah tidak diragukan lagi, begitu pun dengan hasil di dalam ruangan. Cukup detail, dengan sedikit distorsi pada gambar yang ditangkap. Sayangnya, fokus kamera ini mudah sekali bergeser ketika menangkap objek bergerak.

Secara keseluruhan, hasil foto yang ditangkap melalui ponsel ini terbilang cukup baik. Hal itu masih ditambah lagi dengan beberapa efek gambar yang cukup menghibur.

Fitur Plus-plus

Pada Desire kali ini HTC banyak memberikan fitur plus-plus. Mulai dari perubahan kecil yang terlihat sepele, hingga perubahan besar yang cukup memukaau. Misalnya, fitur internet pass-trough yang berfungsi 'mengambil' internet via komputer. Bisa dibilang ini adalah kebalikan USB tethering.

Tambahan lain yang cukup memukau adalah, hadirnya fitur Car Panel. Fungsi ini memungkinkan penggunanya untuk bernavigasi secara offline, tanpa harus memakan jumlah paket data yang luar biasa besar.

Sistem integerasi daftar kontak juga telah ditingkatkan. Memang, Android menyediakan fasilitas untuk menyatukan daftar kontak dari Facebook, Twitter, daftar nomor telepon, ke dalam satu id. Namun HTC Sense mampu mendeteksinya dengan baik, walau nama yang digunakan tiap akun berbeda.

HTCSense.com, mungkin ini adalah fitur baru kebanggan HTC. Melalui fasilitas ini, pengguna Desire HD dan Desire Z bisa mengendalikan ponsel mereka melalui komputer. Fitur ini akan sangat berguna sekali ketika ponsel tertinggal atau bahkan hilang sekali pun.

Kesimpulannya, meski bukan sebagai ponsel Android tercepat, namun kehadiran HTC Desire Z patut diperhitungkan. Kehadiran keyboard qwerty menjadikannya nilai tambah tersendiri, terlebih lagi ponsel ini juga terlihat lebih premium berkat material yang digunakan.

Kelebihan:
+ Performa cukup
+ Desain menarik
+ Fitur melimpah

Kekurangan:
- Berat
- Output suara kurang baik


Spesifikasi:
  • Prosesor: Qualcomm MSM 7230 800 MHz
  • Memory: internal 1,5GB dan RAM 512MB
  • Layar: 3,7 inchi, 480 X 800 pixel
  • Sistem operasi: Android 2.2 (Froyo)
  • Kamera: 5MP, LED Flash, Auto Focus, GeoTagging, Face Detection
  • Koneksi: HSDPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, microUSB v2.0
  • Baterai: Li-Ion 1300mAh
  • Bobot: 180 gram
http://www.detikinet.com/read/2010/12/15/102004/1525079/406/kupas-tuntas-jeroan-hingga-fitur-plus-plus/

0 komentar: