Home | New here? Sign Up

SPOT Connect, Ubah Ponsel Jadi Berbasis Satelit

Kehilangan sinyal ponsel di suatu area? Tenang saja, ada cara lain untuk membantu komunikasi agar tetap lancar, yakni dengan mengubah ponsel Anda menjadi telepon berbasis satelit.

Adalah Spot LLC, sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang memiliki ide ini. Dengan sebuah perangkat yang dinamakan SPOT Connect, saat kehilangan sinyal, ponsel otomatis mengandalkan satelit dan tak lagi menggunakan jaringan seluler.

Dilansir Gizmodo dan dikutip detikINET, Kamis (06/01/2011) SPOT Connect dilengkapi penerima Bluetooth, memungkinkannya bersinkronisasi dengan sistem operasi smartphone seperti Android ketika pengguna ponsel tengah kehilangan sinyal.

Selanjutnya, SPOT Connect bertindak seperti komunikator satelit yang mengirim pesan melalui jaringan satelit Globalstar dari sistem operasi smartphone. Globalstar sendiri adalah konstelasi  satelit Low Earth Orbit (LEO) atau orbit Bumi rendah untuk telepon satelit dan komunikasi data berkecepatan rendah.

Nah, dengan demikian pengguna yang tengah berada di area terpencil bisa mengirim SMS atau email berbasis lokasi melalui satelit, mengupdate jejaring sosial, atau melacak pergerakan di Google Maps/My Tracks.

Tentu saja bisa, karena telepon berbasis jaringan satelit memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan jaringan seluler yang bergantung pada Base Transceiver Station (BTS) di darat. Sementara telepon satelit, ibarat memiliki BTS yang ditempatkan di udara, bisa menjangkau hingga ke pedalaman, pegunungan atau wilayah laut.

Tambahan lainnya, dalam keadaan genting smartphone bisa menentukan lokasi berdasarkan jaringan satelit Globalstar dan menyampaikan informasi tersebut ke kontak personal atau ke kontak pusat tanggap darurat internasional.

SPOT Connect dibanderol seharga USD 169,99 (Rp 1,5 jutaan), harga ini belum termasuk biaya berlangganan layanan satelit yang dipatok mulai dari USD 100 (Rp 898 ribuan) per tahun. Untuk bisa menggunakannya, pengguna harus mengunduh aplikasinya di situs SPOT Connect dengan ponsel.

http://www.detikinet.com/read/2011/01/06/095603/1540304/398/spot-connect-ubah-ponsel-jadi-berbasis-satelit

0 komentar: