Home | New here? Sign Up

Panduan Bikin Theme BlackBerry sendiri

Halo sahabat,

Bagi yang suka bereksplorasi berikut ini copas panduan bikin Theme Blackberry dengan Theme builder 5.0.

Blackberry Theme Builder merupakan aplikasi resmi buatan RIM Blackberry yang didistribusikan secara gratis. Software dapat di download di situs resmi Blackberry.

Aplikasi lain yang dibutuhkan adalah simulator. Aplikasi berfungsi untuk melihat secara cepat hasil theme yang dibuat tanpa harus menguploadnya ke handheld. File ini tergolong kecil, Anda bisa mendownloadnya di situs resmi Blackberry sesuai dengan tipe handheld, http://www.blackberry.com/developers/downloads


Perlu diketahui, Theme dapat mengubah penampilan dan struktur Home
layar, daftar aplikasi, banner, kotak dialog, judul bar, dan elemen antarmuka (interface) lainnya seperti font dan warna latar belakang.

Layout Theme di handheld  Blackberry ada beberapa jenis. Layout theme sendiri meliputi  layar Home, dan daftar aplikasi dan semua elemen di dalamnya termasuk tanggal, waktu, indikator tingkat daya baterai, dan indikator jangkauan nirkabel di layar Home banner.


Sebelum membuat theme, sebaiknya Anda memikirkan tajuk dari theme yang akan dibuat. Agar theme yang dibuat memiliki nafas yang sewarna dari A hingga Z. Setidaknya ada 2 hal yang harus dipersiapkan setelah menemukan ide besarnya. Pertama, image latar belakang baik untuk home screen dan layar menu list. Kedua adalah icon pack yang bisa mewakili aplikasi yang terinstal di Blackberry.

Langkah-langkah
  1. Buka aplikasi Blackberry Theme Builder.
  2. Pilih tipe handheld dan layout. Lalu klik Create. Dalam kasus ini, kami memilih tipe Gemini dengan layout Zen.
  3. Sebelum mulai, masuk terlebih dahulu ke Edit>Preferences. Pilih tab Applications. Cari Select Image Editor Default. Lakukan browsing file *.exe dari aplikasi yang ingin digunakan untuk mengedit elemen gambar, selesaikan dengan mengklik Ok. Kami merekomendasikan mengggunakan Adobe Photoshop. Satu aplikasi lagi aplikasi yang dibutuhkan untuk mengolah image berformat vector adalah Adobe Illustrator.
  4. Sekarang kita mulai mengarah ke banner inspector. Kita akan mencoba mengganti Home Banner.
  5. Coba klik tab banner lalu Background dan pilih Edit. Anda langsung dibawa ke aplikasi Photoshop. Kita dapat melihat desain dan kondisi asli file default. Agar aman dan file asli tidak berubah. Lakukan duplikasi file dengan mengklik Image>Duplicate.
  6. File hasil duplikasi, ubah sesuai dengan selera Anda. Untuk gambar latar home banner memiliki transparansi. Untuk mengaturnya. Silahkan ubah opacity. Simpan file modifikasi sesuai ekstensi file asli di satu folder dengan file hasil modifikasi Anda lainnya.
  7. Kembali ke aplikasi Theme Builder. Klik thumbnail gambar background. Cari file modifikasi yang baru saja dibuat. Nah, sekarang thumbnail background telah berubah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tinggi banner. Tinggi banner harus sesuai dengan image yang dibuat.
  8. Elemen lain yang bisa diubah adalah Focus icon. Focus icon harus memiliki warna yang kontras dari gambar latar belakang. Untuk mengeditnya Anda tinggal mengikuti langkah no 5.
  9. Jika Anda ingin membuat icon sendiri atau telah memiliki icon lain dalam format vector. Gunakan software Adobe Illustrator. Icon di Blackberry memiliki sisi-sisi yang sama (kotak). Anda buat dulu di Adobe Illustrator lalu copy dan paste dalam format pixel di Photoshop. Gampangnya Anda tinggal menyamakan ukuran dengan image asli dengan menekan Tombol Ctrl+T. Jika sudah selesai simpan. Kemudian Anda tinggal memanggilnya seperti langkah no 7.
  10. Position di Banner Inspector  berfungsi untuk mengatur posisi masing-masing elemen sesuai dengan selera. Tapi secara posisi default merupakan posisi ideal bagi masing-masing elemen.
  11. Nah, sekarang coba klik Application Banner. Lakukan hal yang sama seperti langkah no 5 sampai 7.
  12. Di Home dan Application banner Anda juga bisa mengubah style huruf, icon indicator. Anda pun bisa memunculkan atau menyembunyikan ikon indicator.
  13. Inspector Home Scrren tidak terlalu jauh berbeda dengan inspector banner. Untuk itu, kita langsung saja melompat ke inspector application list.
  14. Elemen yang bisa di kostumisasi antara lain, background, tab, ikon move, new items, ikon focus, serta ikon aplikasi. Selanjutnya, kami langsung melompat untuk membahas ikon aplikasi.
  15. Ikon aplikasi di Blackberry lebih dari 50 ikon, memiliki ukuran area image 52x52 piksel tapi ukuran ikonnya sendiri sekitar 26x26 piksel. Berarti 50 persen area diluar ikon merupakan area transparan.
  16. Oke kita coba untuk mengganti satu ikon. Satu ikon memiliki 2 model, focus dan normal.
  17. Pilih ikon yang ingin diubah, Klik kanan pada ikon normal, lalu pilih edit. Begitu juga dengan ikon focus. Buka Adobe Illustrator jika memang diperlukan seperti langkah no. 9. Untuk memanggil ikon modifikasi ikuti langkah no .7
  18. Untuk melihat perubahan dengan tampilan coba Anda simpan (Ctrl+S). Lalu tekan tombol Alt+S untuk melihat di simulator.
Setelah selesai anda bisa langsung menginstalnya di handheld, mem-publish di desktop manager atau via OTA dengan menekan tombol Ctrl+E.

Demikian tips singkat untuk membuat theme sendiri agar handheld anda lebih bergengsi.

http://www.mediatren.com/20100721426/tips-tricks/cell-phones/theme-buatan-sendiri-lebih-gengsi.html

0 komentar: