Home | New here? Sign Up

Jenis Teknologi Touchscreen

Ada dua jenis Teknologi Touchscreen yang sering digunakan oleh handphone maupun smartphone yaitu Resistif dan Kapasitif.


Adapun perbedaannya sebagai berikut:

Ø   TouchScreen dengan Resistif screen, cara penggunaannya dengan cara ditekan, karena Resistif screen ini terdiri dari beberapa layer. Bisa ditekan menggunakan kuku jari atau alat bantu lain seperti stylus / tablet pen.

            Resistif screen lebih akurat dari Kapasitif screen karena sensor screen bekerja pada         bagian  yang ditekan.

            Kekurangan dari Resistif screen ini tidak bisa multi touch, ditekan dua / lima titik            sekaligus secara bersamaan.


Ø  Sedangkan perangkat dengan Kapasitif screen, Cara penggunaannya cukup dengan sentuhan ringan seperti jari tangan  langsung dapat mengaktifkan screen.

Kapasitif screen ini mendukung multi touch. Biasanya harga layar Kapasitif ini lebih mahal.

 Jenis touchscreen kapasitif ada yang mendukung Multitouch 2 point atau 5 point.
          
 2 point berarti layar bisa disentuh di dua titik secara bersamaan sedangkan 5 point berarti layar bisa disentuh di lima titik secara bersamaan, biasanya digunakan saat bermain Game dan Aplikasi Multimedia (contoh: Aplikasi Guitar, Piano, dll).


Karakteristik dua teknologi touchscreen ini turut mempengaruhi cara penggunaan seperti penjelasan diatas.


Sebagai contoh: bila handphone anda tidak merespon saat layarnya disentuh dengan jari tangan, jangan buru-buru mengatakan touchscreennya rusak. Coba tekan dulu di permukaan layarnya dengan kuku jari. Bila ternyata hp anda merespon dengan cara demikian berarti hp anda menggunakan touchscreen jenis Resistif.


Moga bermanfaat...

0 komentar: