Apa Penyebab Smartphone Panas?

Para pengguna  smartphone mungkin pernah merasakan hangat/panas di smartphone atau gadget lainnya seperti  tablet.
 
Penyebab gadget-gadget tersebut hangat/panas  sangatlah beragam. Secara umum, panas di gadget bisa disebabkan konsumsi daya baterai yang sangat cepat. Ketika smartphone harus melakukan multitasking, memainkan game atau  browsing internet dalam waktu lama, maka otomatis prosesor memerlukan konsumsi  daya lebih untuk memproses semua fungsi gadget tersebut.

Biasanya pengguna baru, mungkin sebelumnya memakai hp jenis feature phone, sehingga saat baru pakai Android terasa hangat/panas. Pada akhirnya karena belum faham, sehingga menganggap smartphonenya rusak karena panas/hangat tsb.

Padahal hal ini wajar untuk Smartphone dengan berbagai fungsi yang dijalankannya. Namun sebagai pengguna perlu membedakan hangat/panas normal atau justru sebaliknya.

A.    Berikut ini beberapa contoh Penyebab dan Solusinya, terutama untuk Smartphone Android
 
    Cara Penggunaan yang berlebihan
Penggunaan smartphone untuk telepon berlama-lama, browsing lama terutama web yang banyak konten flash bahkan bermain Game terlalu lama bisa menyebabkan panas. Hal ini karena prosesor, RAM, GPU, dll bekerja ekstra sehingga smartphone membutuhkan daya baterai yang ekstra pula.

Solusi: 
Gunakan gadget anda sewajarnya. Jika anda sering memiliki aktivitas browsing yang     lama  sebaiknya gunakan perangkat laptop atau desktop Anda. Smartphone     dirancang bukan sebagai konsol game. Sebaiknya hindari Game HD (High Definition)     dan batasi waktu bermain game.

    Kekuatan sinyal jaringan yang digunakan, terutama Koneksi data nirkabel melalui jaringan 3G. Secara umum, Semakin lemah/kecil atau tidak stabil sinyal maka smartphone akan semakin membutuhkan daya battery lebih untuk koneksi jaringannya.
 
Solusi:
Sebisa mungkin gunakan koneksi 2G untuk akses nirkabel. Jika memilih jaringan (3G/WCDMA Only ) juga bisa menyebabkan gadget menjadi panas. Jika jaringan di tempat anda lebih stabil di 2G/EDGE, maka sebaiknya tidak memaksakan koneksi  jaringan seperti itu.

    Banyak fitur yang aktif, namun tidak digunakan misalnya: Koneksi data, GPS, Wi-Fi, Bluetooth, Vibrate,  Live Wallpaper.
 
Solusi:
Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan tersebut. Hal ini juga mengarah ke penghematan battery smartphone.

    Terlalu banyak aplikasi yang running di background. Pengguna secara tidak sengaja telah memakai fitur multitasking pada smartphone karena tidak tahu cara menutup aplikasi dengan benar.
 
Solusi:
Matikan aplikasi yang tidak digunakan. Setelah selesai menggunakan aplikasi, untuk     menutupnya: tekan tombol back atau pilih menu exit. Jika anda menekan tombol     Home     maka     aplikasi akan tetap running dibelakang layar (minimize) yang berakibat     membebani prosesor,     RAM. Bayangkan jika ada banyak aplikasi yang selalu aktif di     background sepanjang smartphone menyala.


B.    Trik Praktis membedakan Panas Smartphone normal atau tidak
 
Dengan banyaknya penggunaan dan kemampuan smartphone Android seperti  koneksi data, fitur, beragam aplikasi, dll maka wajar jika smartphone anda terkadang terasa panas.
Namun bisa juga panasnya menjadi terlalu panas / tidak normal karena ada kerusakan komponen hardware atau battery rusak.
 
Trik Praktisnya:
    Matikan semua fitur smartphone yang aktif misalnya: koneksi data, GPS, Wifi, Bluetooth dll. Pilih berada di jaringan 2G saja (pastikan kondisi penerimaan sinyalnya normal)
 
    Tes standby smartphone anda (tanpa ada penggunaan fungsi: telepon, sms, browsing, game, dll).
 
    Jika smartphone anda rusak karena ada kerusakan komponen hardware atau battery rusak maka tidak beberapa lama maka smartphone akan menjadi panas
 
    Selain itu, jika kondisi ada komponen hardware atau battery yang short circuit/konslet maka smartphone akan tetap panas walaupun dalam kondisi di off kan. Segera lepas battery dari smartphone anda. 
 
    Jika hal ini terjadi, maka smartphone anda memerlukan  pengecekan lebih lanjut di Service center.




 

Lebih Lengkapnya Pembahasan tentang:

  • Ciri-Ciri, Akibat Kerusakan serta Langkah-Langkah Service HP 
  • Penjelasan Kerusakan HP berada di bagian Hardware atau Software atau kedua-duanya
  • Silahkan mendapatkan panduan lengkapnya ==> Rahasiahp.com

Semoga bermanfaat...