Samsung Galaxy S3 Seputar Tips dan Optimasi

Samsung Galaxy S3 merupakan handset yang sangat revolusioner dari produsen asal Korea Samsung dan di Indonesia menjadi primadona kalangan pecinta gadget.

Layar Super Amolednya mampu menampilkan gambar terlihat sangat nyata, menampilkan warna yang sangat tajam mungkin kita tidak akan bisa membedakan ketajaman layar Super Amoled dengan layar Retina Display yang dimiliki oleh iPad maupun iPhone 4S. Sayang bila tidak diberi tempat tersendiri yang khusus membahas atau mendiskusikan seputar Tips dan Optimasi  Samsung Galaxy S3.


ROM atau Firmware merupakan sebuah perangkat lunak tempat dimana sistem operasi menjalankan fungsinya misalnya OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Ada dua macam ROM yang kita kenal, salah satunya adalah Custom ROM yaitu sebuah ROM yang telah di optimasi sedemikian rupa oleh pengembangnya. Root adalah user di dalam sebuah sistem operasi yang mempunyai hak akses tertinggi. Bagi yang berkecimpung di Dunia Linux dan sebangsanya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ROOT akses.

Bagaimana cara melihat versi dari Firmware Samsung Galaxy S3 yang kita punyai ? Caranya yaitu masuk ke menu telepon ketikkan kode *1234# maka akan terlihat barisan kode firmware di layar. Bisa jadi antara SGS3 satu dengan yang lainnya berbeda karena sudah pernah melakukan update atau flashing. Ada salah satu contoh versi firmware SGS3 yang dipasarkan di Indonesia seperti di bawah ini :
PDA: I9300XXALF6
CSC: I9300OLBALE6
Version: 4.0.4
Date: 2012-06-15

Tips Menghemat Baterai Samsung Galaxy S3

Ada beberapa kasus yang menyatakan bila Samsung Galaxy S3 boros baterai mungkin Anda salah satunya. Cara mengakalinya dengan menggunakan tips dibawah ini. Tips ini sebenarnya bisa digunakan untuk smartphone android lainnya agar baterai dapat bertahan lebih lama.
  1. Matikan WiFi Connection bila tidak dibutuhkan atau gunakan frequensi ke 2.4 Ghz only caranya : Masuk ke menu setting – Wirelese and network – Advanced
  2. Matikan Bluetooth : Masukk ke Setting > Bluetooth
  3. Matikan Fitur NFC, Sbeam, dan Wifi Direct caranya : Setting – Wireles and network – More Setting
  4. Gunakan salah satu sinyal seluler saja jangan gunakan yang modus ganda karena akan menguras energi dari baterai misalnya gunakan GSM Only atau WCDMA Only
  5. Matikan Vibrasi, Keytones, Touch sound, Screen Lock Sound, dan Haptic Feedback gunakan seperlunya saja.
  6. Atur kecerahan layar kalau bisa ke posisi minimum
  7. Jangan menggunakan wallpaper animasi
  8. Gunakan manual task killer jangan gunakan yang auto
  9. Masuklah ke setting battery pilih sesuai kebutuhan Anda

Daftar aplikasi wajib untuk Samsung Galaxy s3

Sebenarnya bukan wajib tapi lebih ke rekomendasi aplikasi, tapi tidak masalah yang penting gunakan seperlunya saja.
  • AirDroid : fungsinya untuk mentransfer file dari hp ke PC melalui web yang kita akses
  • AnTuTu Bechmark : dari namanya saja kita sudah tahu kalau app ini untuk mengecek benmarch
  • Bahasa Dictionary : Merupakan kamus bahasa Inggris – Indonesia dan sebaliknya
  • Color Note : Fungsi untuk menulis catatan
  • Cool Reader : Layar yang besar haruslah ditunjang oleh aplikasi pembaca mumpuni bisa membaca format PDF, DOC, Epub, Mobi
  • CPU Spy : melihat aplikasi yang sedang berjalan pada mode Deep Sleep
  • Easy Battery Save : memantau kinerja baterai dan pemakaan baterai
  • Flipboard : Fungsinya macem terutama untuk memantau berita dan jejaring sosial
  • Google Chrome : Pasti sudah tahu kalau ini browser buatan mbah google
  • Instagram : Nih dia aplikasi startup fenomenal yang baru saja dibeli oleh Facebook seharga 1Miliar US Dollar
  • Selebihnya bisa Anda cari sendiri di Android Market atau Google Play

Semoga informasi diatas dapat membantu akan lebih baik lagi ada feedback atau diskusi secara langsung dihalaman ini. Masukan demi masukkan walaupun sedikit tapi sangat berarti. Mungkin saja ada yang mau menyebutkan kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy S3 bisa Anda tulis di kotak komentar yang telah kami sediakan. Informasi Samsung Galaxy S3 diatas sebisa mungkin akan kami update secara berkala.

http://www.eragadget.com