Home | New here? Sign Up

Mengenal Lebih Lanjut Teknologi Nokia Pureview 808

Beberapa waktu yang lalu Nokia memperkenalkan Nokia 808 di ajang Mobile World Congress 2012 yang lalu. Dan sukses mencuri perhatian pengunjung waktu itu, bahkan mendapat penghargaan “Best New Mobile Handset, Device or Tablet” di ajang yang dihelat di Barcelona.
Tak lain karena Nokia 808 untuk pertama kalinya di dunia yang memakai sensor kamera 41 megapixel, dan hal ini membuat Nokia kembali menjadi perhatian dunia dan sekaligus kontroversial.
Nokia Pureview 808
Menurut Damian Dinning, Head of Imaging Experience for Smart Devices, Nokia 808 merupakan Nokia pertama yang menggunakan teknologi Pureview, dan ini merupakan suatu inovasi terbaru Nokia untuk handset berkamera. Damian juga menjelaskan cara kerja dari teknologi Pureview. Poin utama dari Teknologi Pureview adalah super-high-resolution sensor yang memiliki area aktif 7728 x 5368 pixel dengan total 41 megapixel.
Tergantung pada mode aspect ratio yang dipilih, sensor memakai 7728 x 4354 pixel untuk photo/video dengan aspect ratio 16:9 dan 7152 x 5368 pixel untuk photo/video dengan aspect ratio 4:3.
Sebagai contoh Pureview memakai setting photo dengan resolusi 5 megapixel untuk aspect ratio 16:9 dan untuk video 1080 pixel dengan framerate 30fps. Dengan menggunakan teknologi ini dapat dilakukan pembesaran hingga 3 kali untuk photo dan 4 kali untuk video tanpa kehilangan kualitas gambar/video. Dengan Pureview pembesaran gambar ditangani secara berbeda tidak seperti kamera konvensional. Ketika Anda melakukan pembesaran dengan teknologi Pureview pada dasarnya Anda hanya memilih area yang relevan dari sensor.

Jadi ketika tidak memakai pembesaran, dari seluruh area penuh sensor yang sesuai dengan aspect ratio itulah yang akan digunakan. Batas pembesaran (terlepas dari setting resolusi photo dan video) akan tercapai ketika resolusi output yang dipilih berukuran sama dengan resolusi input. Sebagai contoh, dengan setting awal 5 megapiksel (3072 x 1728), ketika area dari sensor mencapai 3072 x 1728 anda tidak dapat lagi melakukan pembesaran gambar.

Tak hanya itu saja Pureview juga menerapkan ‘pixel oversampling’, yang menggabungkan banyak pixel menjadi satu pixel saja. Dengan mempertahankan detail gambar dan menghilangkan noise yang ada. Noise yang terjadi ketika mengambil photo dengan cahaya minim dapat diminimalisir dan jika mengambil photo dengan cahaya yang cukup noise akan hilang sama sekali.
Figure Nokia Pureview 808
Dan Anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih alami dan lebih detail. Tingkat oversampling pixel yang tinggi akan diraih ketika Anda tidak memakai pembesaran gambar. Secara bertahap tingkatan oversampling pixel akan turun hingga mencapai pembesaran gambar maksimum yang sama sekali tidak memakai oversampling pixel. Keuntungan dari metode ini akan menghasilkan gambar dengan ukuran file yang minim tanpa mengurangi detail gambar.
Berikut Spesifikasi kamera pada Nokia 808:
  • Carl Zeiss Optics
  • Focal length: 8.02mm
  • 35mm equivalent focal length: 26mm, 16:9 / 28mm, 4:3
  • F-number: f/2.4
  • Focus range: 15cm
  • Optical format: 1/1.2”
  • Total number of pixel: 7728 x 5368
  • Pixel size: 1.4 microns
Beberapa gambar yang dihasilkan oleh Nokia 808 Pureview:

Photo Pureview 808 Nokia

Untuk sementara ini Nokia 808 hanya dapat ditemui dalam bentuk prototype dengan mengusung Nokia Belle OS (sebelumnya bernama Symbian), processor ARM 11 1.3 Ghz, 512 MB RAM, 1 GB ROM dan memori internal 16 GB. Nokia berencana meluncurkan 808 di kuartal ke 2 tahun ini.
Ingin segera memiliki ponsel ini? Tunggu saja kehadirannya di ranah tercinta beberapa bulan lagi.

http://blog.fastncheap.com/mengenal-lebih-lanjut-teknologi-nokia-pureview-808/#more-14087

0 komentar: