Home | New here? Sign Up

Delapan Aspek yang akan Berubah oleh LTE

Sejumlah operator seluler global telah mengimplementasikan teknologi Long term evolution (LTE) untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas layanan kepada pelanggan. Teknologi yang masuk dalam rumpun 4G atau seluler generasi ke empat ini memiliki kemampuan mendeliver data hingga 100 Mbps, atau sekitar 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi HSDPA.

Phil Schwarzmann, Editor-in-Chief, Nokia Conversations Amsterdam, Belanda, mencatat setidaknya ada sejumlah KELEBIHAN yang ditawarkan LTE, dan mampu mensolusi berbagai masalah yang timbul saat ini. Ia mencatat ada delapan aspek yang akan mengalami perubahan menyusul implementasi 4G

1.Higher Definition Video , untuk tayangan higher definition membutuhkan bandwith yang besar, baik untuk download maupun uploading. LTE dengan kecepatan transfer yang tinggi mampu mengatasi kendala ini.

2.Real time gaming. Berbagai keluhan mengemuka saat pengguna melakukan real time gaming. Dengan LTE, persoalan ini bisa dituntaskan, bahwa LTE menawarkan suatu kenyamanan untuk game mobile dengan 3D yang kaya grafis

3. The Cloud. Cloud computing tidak bisa berjalan tanpa dukungan kecepatan akses yang memadai, apabila menggunakan perangkat bergerak. LTE melempangkan jalan bagi implementasi cloud computing.

4. File Transfers. Katakan selamat tinggal untuk sinkronisasi ke laptop untuk mengambil atau mengunduh data. Data berkapasitas besar bisa diunduh atau dibuka kapan saja, dimana saja dengan ponsel Anda.


5. File Server. Server menjadi tidak penting lagi.

6. Multiple Downloads. Podcast dengan dukungan 3G, ternyata tidak menyenangkan. Sering ada gangguan untuk streaming audio dan uploading video. Kenyamanan menikmati podcast akan dirasakan dengan hadirnya LTE.


8. Improved Video Calls. Video call selama ini menjadi ikon bagi 3G. Namun dalam praktiknya video call tidak bisa berjalan atau dinikmati secara maksimal. Kualitas video yang semakin meningkat, membutuhkan dukungan kecepatan transfer yang tinggi. LTE, diperkirakan, akan memberi solusi mengenai masalah ini.

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/11/01/08/157272-delapan-aspek-yang-akan-berubah-oleh-lte

0 komentar: