Cara mengatasi layar black screen

Halo sahabat,
Apakah smartphone mengalami layar black screen?...

Layar black screen ditandai smartphone masih bisa dihidupkan dengan fungsi lain normal seperti: vibrate, hp berdering / bisa dihubungi, dll, namun layarnya gelap (black screen) /  tidak ada tampilan sama sekali (blank).

layar black screen

Untuk penyebabnya bisa karena kerusakan software atau hardware.

Solusi awal mengatasi layar black screen Khusus hp dengan battery bisa dilepas (removeable), kerusakan black screen bisa coba solusi dengan lepas battery beberapa menit dan pasang kembali batterynya. Jika layar sudah normal berarti kerusakan secara umum dari sisi software, namun jika layar masih blank masih ada kemungkinan kerusakan software atau hardware.

Untuk hp dengan battery tanam (non-removeable) bisa coba lakukan forced restart, tunggu hingga booting smartphone selesai. Jika logo sudah tampil maka black screen sudah teratasi. namun jika layar masih blank masih ada kemungkinan kerusakan software atau hardware.

Intinya maksimalkan cara mengatasi layar blank hitam secara software terlebih dahulu.

Adapun solusi lanjutan mengatasi layar black screen biasanya berhubungan dengan hardware antara lain: lcd connector longgar / terlepas, hingga penggantian layar yang tentu memerlukan skill serta peralatan yang memadai. 

Jika sahabat tertarik mengetahui solusi lebih lanjut dan ingin belajar otodidak service hp bisa meluncur ke ==> RahasiaHp.com 

Salah satu Bonus Seri 17 khusus membahas Solusi Hp Nyala tapi Layar Mati (Black Screen).
Bonus seri ini membahas:

  • Penyebab Black Screen Hp
  • Video Review: Solusi Awal Samsung J3, J3 Prime, J2 Black Screen
  • Video Review: Solusi Hardware Black Screen pada Hp Android NonRemovable Battery
  • Video Review: Solusi Awal Google Pixel 4a Black Screen (Android 11)
  • Video Review: Solusi Awal Samsung Galaxy S21 Black Screen
  • Video Review: Solusi Awal IPHONE 6S / PLUS: BLACK SCREEN , DISPLAY NOT WORKING
  • Video Review: Solusi Awal iPhone 11 Black Screen
  • Video Review: Solusi Hardware Oppo A53 A52 Ganti Lcd-Touch Screen

Note:
Perlu disampaikan pula segala bentuk prosedur yang terangkum disini tidak bersifat mengikat, DIWYOR (do it with your own risks / Lakukan dengan resiko anda sendiri), mengingat bervariasinya jenis kerusakan.

Oya Jika sahabat belum memliki skill servis secara hardware maupun alat servis yang memadai, maka sebaiknya bawa smartphone ke Service Center.