Aplikasi Menarik Pendamping Mudik

Berikut ini beberapa Aplikasi untuk menemani mudik anda sekeluarga:

1. Google Maps

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/111701_gmaps.jpg
Ini adalah aplikasi peta yang wajib pengguna smartphone instal di perangkatnya. Beragam fitur dan luasnya pemetaan yang hadir di Google Maps cocok untuk menemani pemudik.

Takut kehilangan arah saat di jalan? Manfaatkan saja fitur navigasi yang ada di Google Maps ini. Bisa dijamin keakuratannya sebagai penunjuk arah.
Di beberapa wilayah, bahkan Google Maps dapat menunjukkan kondisi kepadatan lalu lintas yang sedang terjadi.
Aplikasi Google Maps ini hadir di beragam sistem operasi yang popular di Indonesia, mulai dari Android, BlackBerry hingga iOS.

2. Waze

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/111802_wazecover.jpg
Ingin mengetahui keadaan lalu lintas dari pengendara yang ada di jalan secara langsung (real time), coba saja instal aplikasi Waze ini.
Aplikasi peta berbasis komunitas ini memang semakin banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, sehingga informasi yang didapatkan pun semakin beragam.
Tak hanya mendapatkan kabar keadaan, pengguna Waze pun bisa saling berbagi keadaan lalu lintas di sekitarnya.

Tidak hanya itu, manfaatkan juga fitur lainnya seperti navigasi dan saling menyapa pengguna Waze lainnya yang kebetulan sedang berada di sekitar Anda. Beep beep!

Aplikasi ini hadir secara gratis untuk pengguna iOS dan Android.

3. Aplikasi Cuaca

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/111841_accuweather.jpg
Cuaca yang tak menentu bisa saja terjadi saat Anda dalam perjalanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tak ada salahnya memanfaatkan aplikasi gratis ataupun berbayar yang tersedia untuk beragam ponsel pintar.

Untuk BlackBerry misalnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi BerryWeather yang memiliki fitur komplet. Pengguna bisa mendapatkan informasi cuaca selama sepekan berdasarkan lokasi, lengkap dengan temperatur,

kecepatan angin, atau tingkat kelembaban. Selain itu masih banyak aplikasi sejenis yang bisa didapat pada App World.

Sedangkan untuk pengguna Android tak ada salahnya mencicipi widget gratisan dari AccuWeather. Aplikasi ini sangat lengkap dan memiliki tampilan menarik, pengguna bisa memantau cuaca berdasarkan lokasi, melihat peta,

hingga menyaksikan tayangan prakiraan cuaca dunia. Selain ini masih ada aplikasi lain seperti The Weather Channel, WeatherBug, GO Weather, dan lainnya.

Nah, untuk pengguna iOS, disarankan mengunduh aplikasi Yahoo Weather yang tampilannya juga semakin memikat.
 
4. LewatMana.com
http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/111931_lewatmana.jpg
Aplikasi sekarang ini makin canggih, beberapa di antaranya bisa dipakai untuk memantau arus lalu lintas di jalan yang dilalui.
Asyiknya lagi, dalam aplikasi tersebut juga disediakan video streaming untuk menampilkan kondisi jalan. Salah satunya adalah aplikasi TMC Polda Metro.

Aplikasi ini terbilang sangat berguna. Di dalamnya tersedia berbagai informasi penting seperti, lokasi kantor polisi terdekat, peta informasi, hingga arus lalu lintas di jalan tol yang disajikan melalui video.

Selain itu yang tak kalah hebat adalah aplikasi Lewat Mana. Selain menyajikan informasi lalu lintas terkini, di dalamnya juga terdapat informasi rumah sakit sekitar, bengkel, pom bensin, ATM, hingga tempat rekreasi jika ingin beristirahat sejenak.

5. ID Flight

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/112057_garuda7772.jpg
Sudah mempunyai tiket pesawat mudik, tapi belum mendapatkan tiket kembalinya? Jangan khawatir, instal saja aplikasi ID Flight untuk pengguna iOS.

Ini adalah aplikas berbayar yang mampu menghadirkan harga-harga tiket pesawat secara up to date ke semua jurusan kota di Indonesia dari maskapai-maskapai besar di Tanah Air.
Navigasi yang mudah dan tak ribet membuat aplikasi ID Flight ini rasanya bisa menjadi aplikasi jangka panjang, untuk yang sewaktu-waktu mencari tiket pesawat.

6. Detikcom

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/112320_detikcom.jpg
Terjebak macet dan masih membutuhkan informasi secara up to date. Ya, maka membuka aplikasi detikcom dari Android, BlackBerry dan iOS adalah yang sangat disarankan.
Di versi terbaru dari aplikasi detikcom ini, navigasi yang semakin mempermudah pengguna untuk melihat beragam peristiwa-peristiwa penting yang terjadi.

Kendati mudik merupakan libur panjang, jangan khawatir media online nomor satu di Indonesia ini masih akan melakukan up to date 24 jam sehari, selama seminggu.

7. MasjidNow

http://images.detik.com/content/2013/08/02/398/112504_masjidnow.jpg
Sebagai umat muslim kewajiban shalat seharusnya tak boleh ditinggalkan, kendati saat itu berada di tengah-tengah perjalanan.

Nah, agar saat mudik pengguna bisa melakukan shalat dengan khusyuk di masjid, maka aplikasi MasjidNow adalah jawabannya. Ini boleh dibilang aplikasi pelacak masjid.

MasjidNow merupakan salah satu aplikasi wajib bagi para umat muslim pengguna ponsel Android dan iOS. Pasalnya, aplikasi ini dapat membantu mengingatkan mengenai jadwal sholat, melacak lokasi masjid terdekat hingga menunjukkan arah kiblat.

Khusus untuk pengingat jadwal sholat, pengguna dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya mengubah nada suara pengingat menjadi suara adzan. Jadwal sholat pun bakal disesuaikan secara otomatis berdasarkan lokasi.

Misalnya ketika pengguna sedang berada di wilayah Jakarta, maka secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi lokasi pengguna dan langsung mengsinkronisasi jadwal sholat di wilayah setempat.

Aplikasi MasjidNow tersedia dalam dua varian. Versi MasjidNow Pro yang dibanderol USD 1,49 dan versi standar yang bisa dicicipi secara gratis.

Ok demikian ulasannya,
Met mudik gan, Selamat berlebaran...

inet.detik.com