Home | New here? Sign Up

Reset atau Hard Reset

Beberapa alasan antara lain Jika handphone anda kadang-kadang lambat responnya atau istilah sekarang ini "rada lemot", mungkin ada baiknya anda mempertimbangkan untuk melakukan opsi berikut ini Reset atau bila memungkinkan dilakukan Hard reset.

Reset bertujuan agar segala setting HP bisa kembali ke setting Orisinil/awal seperti saat HP keluaran pabrik.

Sedangkan Hard Reset lebih jauh lagi ditujukan agar semua system data HP bisa kembali ke awal seperti Hp keluaran pabrik. Sehingga jangan lupa Back up data HP anda sebelum Hard Reset, karena data HP selain bawaan awal pabriknya akan dihapus seperti data No Telepon di phonebook,aplikasi, dll. Hard Reset juga bisa me-Refresh kinerja HP karena file sampah yg mungkin saja ada di Hp anda akan dihapus.

Lantas gimana cara melakukan Reset maupun Hard Reset?

Reset:
biasanya tiap merk HP ada menu untuk reset / kembali ke pengaturan awal. Untuk kodenya (bila masih standar/ belum pernah diganti) bisa dicoba misalnya: 12345 atau 0000 atau 00000 atau mgk kode lain sesuai standar masing-masing merk HPnya.

Hard Reset:
Cara untuk tiap merk/type biasanya berbeda-beda, antara lain:

OS Symbian seri 60 misal: Nokia 3650, 6600, Siemens SX1:
- Lepas MMC, battery kondisinya sebaiknya full / setidaknya masih ada 70%,
- Ketik *#7370# dan masukkan kode 12345 (jika belum pernah dirubah)
- Cara lainnya (untuk Nokia 6600 dan versi setelahnya): matikan HP,lepas mmc, pasang battery & tekan tombol 3, tombol *, dan tombol call (warna Hijau) secara bersamaan, lalu tekan tombol power. Ulangi langkah ini hingga tampil bar formating pada layar Hp dan tunggu hingga proses tsb selesai.

OS Symbian seri 80 misal: Communicator 9300, 9500
- Lepas dan pasang kembali batterynya
- Ketika muncul logo Nokia di layar maka secepatnya tekan & tahan tombol Ctrl, tombol Shift dan tombol F secara bersamaan.
- Ulangi langkah tsb hingga tampilpersetujuan untuk format HP.
- jika saat battery dilepas & pasang kembali ternyata layar gelap / tampilhitam maka tekan tombolpower dgkondisi flip masih terbuka dan lakukan proses format,
- Setelah format selesai maka Hp akan restart otomatis.

Motorola MPX2000:
- Tekan & tahan tombol aksi warna biru & tombol power bersamaan agak lama sampai tampil konfirmasi reset pada layar dan pilih opsi reset.

HTC Apache, Verizon XV6700:
- Tekan & Tahan dua tombol softkey (lambang -) dan tekan juga tombol reset sekali saja sampai tampil konfirmasi pada layar. Tekan Y untuk setuju.

Klo sahabat ada info kode hard reset untuk model lainnya, silahkan ditambahkan juga.

Demikian moga bermanfaat.

Sumber: Tabloid TrendPulsa

0 komentar: