Home | New here? Sign Up

Komponen apakah yg membedakan 2G sama 4G di dalam mesin hp

Assalamualaikum,

Jumpa lagi, kali ini menjawab pertanyaan menarik dari salah satu pengunjung web: RahasiaHp.com
Saya sebut menarik karena kebanyakan orang terpikirkan hal yang sama, namun tidak mengetahui jawabannya. Oleh karena itu pertanyaan dan jawabannya saya sampaikan di blog ini.

Pertanyaan:
Selamat pagi mas, istilah hp ini kan dri 2,5G sd 4G LTE itu bedanya kn dri akses internet yg lbih cepat nih..
Nah pertnyaan saya komponen apakah yg membedakan 2G sama 4G di dalam mesin hp Android trsebut?? Apa kayak bentuk apa.. misalkan kyak speaker, dan ada bentuknya dia, ada bulat adapun lonjong baris.. Mkasih mohon pencerahannya. Soalnya mau belajar mas...
Met aktifitas mas..
Thks.

Jawaban:

Generasi teknologi seluler selain berpengaruh pd kec. akses data, juga pengaruh di layanan yang bisa disupportnya gan. Misalnya:
  • 2G (GSM, IS-95A CDMA One): Hanya Komunikasi Suara (Voice) dan Data, mulai dikenal juga SMS

  • 2.5G (GPRS, IS-95B CDMA): Selain Voice, Data mulai bertambah kec. transmisinya.

  • 3G  (UMTS/ WCDMA, CDMA 2000 1x Ev-Do): sudah mulai konvergensi anatar layanan suara, data termasuk video sehingga mulai dikenal Video Call, Video Streaming, mobile internet, dll.

  • 4G (WiMax, LTE): sesuai standar 4G disyaratkan kec. transmisi data mencapai 100 Mbps untuk mobile station bergerak. Maka pengguna lebih dominan dimudahkan untuk akses internet melalui gadgetnya. Selain itu melalui pemanfaatan layanan VoLTE maka jalur internet LTE bisa digunakan untuk menelpon, video call sekaligus aktivitas lain seprti kirim foto, musik, dll.
Kembali ke pertanyaan, dalam handphone/ handset/ smartphone dengan OS Android atau OS lainnya, apa yang membedakannya?..

Tentu 2 perangkat utamanya akan berbeda yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Sesuai namanya hardware terdiri dari pwb, banyak komponen seperti IC, chipset termasuk processor, GPU dan perangkat pendukung lainnya seperti layar, dll.

 Gambar Cotoh PWB dan komponen

Khusus IC, awalnya hp yang mendukung teknologi misal: 2G masih banyak komponen IC misalnya IC CPU, dll .


Contoh IC CPU

Untuk IC, pernah dibahas tentang Kerusakan Hp karena IC, silahkan klik disini


Semakin maju teknologinya maka komponen pun mengalami perkembangan istilahnya SoC (system on Chip) yang menggabungkan banyak komponen menjadi satu chip. Namun tentu saja diperlukan beberapa chip pendukungnya, tapi secara keseluruhan jumlah komponen tidak sebanyak di hp generasi sebelumnya.




Klo mau lebih tau ttg chipset, salah satunya yang sering digunakan smartphone papan atas adalah Qualcomm Snapdragon, silahkan meluncur ke: qualcomm.snapdragon


Jadi secara umum, kombinasi hardware dan software diperlukan untuk mengoperasikan hp sesuai generasi teknologi seluler (kombinasi ini pulalah yang sekaligus menjadi pembedanya).
Contoh Hardware: PWB, SoC, RAM, Layar, Battery, Cassing, dll.
Contoh Software: OS Android, iOS, Windows Phone, dll

Semoga penjelasan ini bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat, Aamiin...

0 komentar: