Home | New here? Sign Up

Alat Solder Servis Handphone

Ada beberapa type alat solder yang bisa digunakan untuk proses servis handphone.
Secara umum dibedakan menjadi Solder dan Hot Blowwer.

Berikut ini penjelasannya:
- Solder biasa.
Solder ini paling banyak digunakan, untuk servis HP biasanya yang 25 Watt, ada juga yang 30 / 40 watt (tapi jarang dipakai). Dan type solder ini hanya mempunyai satu watt saja (25 watt atau 30 / 40 watt).
Gambar Solder Biasa

- Solder “Tembak”
Istilah solder ini biasa disebut dikalangan teknisi untuk membedakannya dari solder biasa karena mirip dengan type solder biasa tetapi type ini mempunyai semacam tombol di gagangnya (tembakan) yang bila ditekan sehingga soldernya akan cepat bertambah panas.

- Solder dengan pengatur suhu (Solder Station)
Type ini mempunyai pengatur suhu dan bisa dipilih suhunya sesuai kebutuhan. Biasanya type solder ini, ada ket. ESD Safe sehingga aman digunakan untuk solder perangkat IC.

 Gambar Solder Station

- Hot Blowwer
Hot Blowwer akan mengeluarkan semburan udara panas untuk mencairkan timah. Ada type Hot Blowwer Analog dan Digital.

Gambar Hot Blowwer Analog, silahkan klik disini
Gambar Nozzle Hot Blowwer Analog

Perbedaannya:
Hot Blowwer Analog pengaturan suhu maupun semburan udara panasnya dengan tombol yang diputar sedangkan type Digital berupa tombol yang bisa langsung ditekan dan nilainya akan langsung ditampilkan di display misal: suhu 350 derajat Celcius.

- Infra Red Blowwer
Mirip dengan hot blowwer biasa hanya saja semburannya bukan berupa udara panas tetapi berupa sinar infra merah. Type ini biasanya dipakai di servis center vendor level 3 ke atas.

Bagi sahabat yang ingin belajar servis handphone ada baiknya minimal mempunyai solder biasa untuk berlatih menyolder komponen. Untuk lanjutannya bisa pula berlatih dengan Hot Blowwer analog.

TIPS:
  • Jika solder biasa anda tidak ada ESD safe, bisa dicoba melilitkan kawat di gagang solder (yang besi tetapi bukan mata soldernya) dan disambungkan ke paku beton yang terpasang di tembok, semakin dalam paku ke dalam beton akan semakin baik grounding untuk solder, factor kelembaban dalam beton juga berpengaruh untuk kualitas groundingnya.
  • Sebaiknya mata solder diberi timah sedikit setiap habis digunakan, hal ini untuk mencegah oksidasi yang bisa berakibat mata solder cepat rusak. 

11 komentar:

jon53@bengkulencity mengatakan...

makasih boss atas ilnu dan informasinya, smoga tetap semangat dan tambah sukses!!!

LA mengatakan...

saya punya solder blower bekas quick857d, yang elemen pemanas dan komponen yg ada didekatnya sudah dicabut(hilang). Saya hendak mencoba memasangnya kembali, tolong boss koponen apa dan bagaimana cara memasangnya?

Referensi97 mengatakan...

@ jon53: Amin... thanks sudah berkunjung boss.

@LA: setau saya spare parts elemen heater (pemanas)biasanya dijual satu paket, cuman klo untuk merk quick857d coba tanyakan detail pemasangannya saat membeli elemen penggantinya. Thanks.

arsya mengatakan...

Ini abru asyik. kirim lagi dong penjelasan tentang hp.. lebih banyak lagi yach..
sebelum terima kasih...!!!!!!!!

Referensi97 mengatakan...

@Arsya: ok sama-sama, thanks sudah berkunjung.

Ghanesya Erlangga mengatakan...

boss dmn yang jualan infra red blower dan harganya berapa ????

Referensi97 mengatakan...

@Ghanesya Erlangga:
maaf klo info hrg dan tempat jualnya saya blm tau.

Info Infra Red Blowwer saya sampaikan sesuai pengalaman saat memakainya sekitar pertengahan th 2000 untuk penggantian IC di Ericsson T28.

Thanks sudah berkunjung.

jempol mengatakan...

makasi infonya boss, sangat bermanfaat.
ini juga ada info bermanfaat lain, www.iij.co.id

tanggicell mengatakan...

mantap info nya , salam kenal rekan ,bloger

hakimcellular mengatakan...

mksh bnyk nih broo,,skalian mo tanya saya dah sering gonta ganti solder hp ataupun mata soldernya tp ga prnh puas,,,ujung mata solder bagus awalnya aja stlh 5 smp 7 x pake ujung mata solder ga bs panas maximal jd susah buat nyolder>kklo boleh tau mata solder jenis apa yg bagus merk dan harganya n dimana bs didapatin.thanks gan.ditunggu comment nya

Referensi97 mengatakan...

@hakimcellular:

Pada dasarnya semakin sering digunakan maka semakin cepat rusak mata soldernya.

Klo solder biasa seringnya merk Goot udah lumayan, sedangkan yang pakai station, biasanya tergantung merk, umumnya hakko.

yg penting, jika sudah selesai menggunakan solder (sebelum solder dimatikan), kasih timah dikit di ujung mata soldernya, hal ini untuk mencegah oksidasi di mata soldernya.

Moga tips ini bisa bermanfaat. Thanks sudah berkunjung.

Buku Panduan Servis dan Maksimalisasi Smartphone Android, HP Cina:

An Internet Based Platform For Making Iphone, Ipad, Android, Kindle Apps And Mobile Websites