Apakah WCDMA sama dengan CDMA?

Kadang banyak orang bertanya, apakah wcdma itu artinya cdma alias bisa dipakai buat kartu flexy, esia, smartfren. Kadang orang bertanya begitu, jadi maksud sebenarnya dari wcdma itu adalah sebuah jaringan 3G. Jadi kalo ada istilah wcdma maka itu artinya sama dengan 3G.

WCDMA ( Wideband Code-Division Multiple Access ) merupakan suatu standar yang di tetapkan oleh ITU ( International Telecommunication Union ), WCDMA mempunyai nama resmi lain adalah IMT-2000 direct spread.

WCDMA  teknologi generasi ketiga atau 3G untuk jaringan GSM. Nama lain dari teknologi WCDMA sering di dengar merupakan UMTS (Universal Mobile Telecommunication System).

Secara sekilas memang nama Wideband Code-Division Multiple Access (WCDMA) sangat mirip dengan Code-Division Multiple Access (CDMA) Cuma ada awalan W yang membedakan penulisan. Namun dari sisi kemampuan yang ada , WCDMA lebih mendukung mobile/portable voice, gambar, data, dan komunikasi video hingga 2 Mbps (local area access) atau 384Kbps (wide area access) memiliki range frekuensi jangkauan yang lebih luas yaitu 5 MHz, sementara untuk CDMA hanya 200 KHz.

Apabila Gadget menampilkan spesifikasi WCDMA, artinya gadget tersebut sudah berfitur 3G dan tetap hanya bisa bekerja pada jaringan GSM atau hanya bisa dipakai dengan kartu SIM dari operator GSM. Spesifikasi WCDMA bukan berarti gadget tersebut bisa dipakai untuk CDMA.

android.lakasi.com

Mau Pembahasan Lebih Lanjut,

- Apa itu Cell, BTS, GSM, EDGE, CDMA, WCDMA, LTE, MS, BSS, NSS, Sentral, 1G, 2G, 3G, 4G dalam kaitannya dengan sistem seluler?

- Bagaimana prinsip dasar GSM dan CDMA?

- Apa saja evolusi teknologi seluler GSM dan CDMA?

- Bagaimana Konfigurasi dasar jaringan GSM, 3G (UMTS), 4G (LTE)?

Dan Masih Banyak lagi, pelajari lebih lanjut di 

==> Cara Cepat Belajar Spesifikasi Hp dan Teknologi Seluler