Persiapan Sebelum Melakukan Factory Reset Handphone Android

Apabila performa handphone atau tablet Android Anda sudah menurun, atau terjadi masalah pada software, wifi, Bluetooth atau lainnya, maka disarankan untuk melakukan Factory reset Android. Factory reset sebaiknya juga dilakukan sebelum Anda menjual atau memberikan handphone / tablet Android ke orang lain agar data-data milik Anda tidak dapat dibaca. Pada artikel kali ini juga akan dijelaskan cara format memory card hp atau tablet dan juga tips agar data yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi.
Berikut cara melakukan Factory Reset Android:
  1. Tekan tombol HOME
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik Settings (Pengaturan)
  4. Klik Privacy (Privasi)
  5. Klik Factory Data Reset (reset data pabrik)
Factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan, oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan persiapan terlebih dahulu, yaitu dengan cara membackup data dan aplikasi yang tersimpan pada tablet atau handphone Android Anda.
Catatan: Anda tidak diharuskan melakukan semua tahapan dibawah. Lakukan saja yang dirasa penting.
1. Cara Backup Calendar dan Contact Android
Untuk backup kalender dan daftar kontak handphone Android, Anda dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google (dengan catatan Anda telah sign in sebelumnya). Berikut caranya:
  1. Tekan tombol HOME
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik Settings (pengaturan)
  4. Klik Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi)
  5. Klik pada Akun Google Anda
  6. Klik tanda Sinkronisasi (gambar dua panah melingkar)
  7. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai
Untuk mengembalikan kontak dan kalender setelah dilakukan Factory reset, Anda hanya cukup melakukan sinkronisasi kembali.
Apabila anda tidak memiliki koneksi internet, Anda dapat melakukan backup contact Android ke SD card. Berikut caranya:
  1. Masuk ke aplikasi Contacts / People
  2. Tekan tombol MENU
  3. Klik Import / Export
  4. Klik Export to SD card
Untuk mengembalikan Contact, tinggal pilih “Import from SD card”. Apabila Anda sudah melakukan backup kontak dengan cara sinkronisasi dengan server Google, disarankan tetap melakukan backup kontak Android ke SD card.
2. Cara Backup SMS Android
Untuk backup SMS, Anda dapat menggunakan aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat di unduh (download) melalui Android Market. Salah satu aplikasi yang pernah saya coba adalah aplikasi SMS Backup & Restore buatan Ritesh Sahu.
File Backup SMS akan disimpan di dalam folder /sdcard/SMSBackupRestore. File tersebut dapat di copy ke komputer dan dapat dibuka dan dilihat menggunakan program Microsoft Excel.
3. Cara Backup Aplikasi Android
Saat ini cukup banyak aplikasi yang dapat mem-backup aplikasi Android. Bila handphone atau tablet Android Anda telah di root, maka salah satu aplikasi yang terkenal adalah Titanium Backup.
4. Backup Data Aplikasi
Jika handphone Anda telah di root dan menggunakan aplikasi Titanium Backup, maka Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat membackup aplikasi beserta datanya. Namun apabila handphone Android belum di root, maka Anda harus melakukan backup data aplikasi satu persatu. Cara backupnya tergantung aplikasi yang digunakan / diinstall.
Misalnya Anda menginstall aplikasi ColorNote (semacam aplikasi catatan), maka untuk membackup data / catatan yang Anda buat dapat dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi ColorNote > tekan tombol MENU > klik Backup > klik SD Card Backup > klik Backup Notes.
5. Backup File Foto, Musik, Video, dll (Backup SD Card)
File seperti Foto, Musik, Video yang tersimpan di SD card pada umumnya tidak akan terhapus saat Anda melakukan factory reset Android. Namun untuk amannya, sebaiknya data tersebut di back up terlebih dahulu ke komputer.
Cara Backup SD card:
  1. Hubungkan handphone ke komputer menggunakan kabel data atau lepaskan SD card lalu masukkan ke Card reader dan dihubungkan ke komputer. (Baca artikel: Cara menghubungkan handphone ke PC)
  2. Tunggu sampai komputer mendeteksi file-file yang tersimpan di SD card
  3. Copy atau Salin semua file dan folder yang ada di SD card ke komputer dengan cara:
    1. Buka folder SD Card
    2. tekan tombol Ctrl+A di komputer (akan memilih semua file dan folder yang ada di SD card)
    3. Tekan tombol Ctrl+C atau klik kanan mouse lalu pilih Copy
    4. Buka Folder di komputer dimana file-file SD card ingin disimpan
    5. Tekan tombol CTRL+V atau klik kanan mouse lalu pilih Paste
  4. Untuk mengembalikan file-file yang tersimpan di komputer ke SD card lagi, tinggal copy paste file-file yang disimpan di komputer kembali ke SD card
6. Cara Format Memory Card (Micro SD) Android:
Apabila Anda ingin menjual tablet/handphone Android beserta SD card-nya, maka sebaiknya SD Card di format dulu untuk menghapus data yang tersimpan. Namun kalau anda melakukan factory reset akibat ada aplikasi yang error (bukan untuk dijual), maka tidak perlu melakukan format SD card.
Untuk format SD card dapat dilakukan langsung di handphone Android maupun dapat dilakukan di komputer.

Cara format SD card menggunakan handphone Android:
  1. Pergi ke Settings (Pengaturan)
  2. Klik SD Card & Phone Storage (Penyimpanan Telepon & Kartu SD)
  3. Klik Unmount SD Card (Lepas SD Card)
  4. Klik Format SD Card / Erase SD Card (Hapus Kartu SD)
Cara format SD Card menggunakan komputer:
  1. Lepas SD Card dari handphone / tablet Android
  2. Masukkan SD card ke Card Reader
  3. Hubungkan Card Reader ke komputer > tunggu hingga komputer mendeteksi SD Card
  4. Buka My Computer
  5. Klik kanan Mouse pada drive SD card yang ingin di format (jangan sampai salah)
  6. Klik Format > Klik Start
cara format memory card di android
Gambar SD Card Reader
Apabila Anda tidak memiliki Card Reader, Anda dapat membelinya di toko komputer terdekat dengan harga mulai dari Rp.15.000-50.000-an. Bentuknya bermacam-macam, tidak harus seperti diatas. Pastikan card reader yang ingin dibeli dapat membaca atau memiliki slot yang sesuai dengan ukuran dan jenis SD card yang digunakan, apakah Micro SD, Mini SD, Stick Pro Duo, dll.
Catatan: Walaupun SD card sudah di format, namun masih ada kemungkinan orang lain dapat mengembalikan file-file yang tadinya sudah dihapus dengan menggunakan program tertentu. Hal ini tentu saja cukup berbahaya bila ada file yang rahasia dan Anda tidak menginginkan orang lain mengetahuinya.
Untuk dapat benar-benar menghapus data atau file yang tersimpan di SD card agar tidak dapat dibaca oleh orang lain, lakukan hal sebagai berikut:
  1. Format SD Card
  2. Isi SD card dengan hal-hal yang menurut Anda tidak penting, misalnya video, musik, dll sampai kapasitas maksimum SD card.
  3. Format SD card kembali
Bila Anda sudah melakukan hal diatas, maka saat orang lain mencoba restore atau mengembalikan isi dari SD card Anda, yang terbaca adalah file yang baru saja Anda masukkan (File musik, video, dll).

http://harga-hp.com

Jika ingin mengetahui lebih Lengkap:

  •  FAQ Pengguna ANDROID: Kenapa hp android saya nyedot pulsa? Contoh kendala dan solusi saat login /download Aplikasi, Games dari market/google play, dll
  • Panduan  Cara Install File Android  dan Uninstall Aplikasi
  • Panduan Troubleshoting Kerusakan HP Berdasarkan: Jenis IC dan Akibat Kerusakannya misal: IC Flash, CPU, dll, Gejala Kerusakan dan Solusi, Per-Merk HP dan Solusi.
  •  Dan masih banyak lagi... Selengkapnya: Klik Disini