Alat Solder Servis Handphone

Ada beberapa type alat solder yang bisa digunakan untuk proses servis handphone.
Secara umum dibedakan menjadi Solder dan Hot Blowwer.

Berikut ini penjelasannya:
- Solder biasa.
Solder ini paling banyak digunakan, untuk servis HP biasanya yang 25 Watt, ada juga yang 30 / 40 watt (tapi jarang dipakai). Dan type solder ini hanya mempunyai satu watt saja (25 watt atau 30 / 40 watt).
Gambar Solder Biasa

- Solder “Tembak”
Istilah solder ini biasa disebut dikalangan teknisi untuk membedakannya dari solder biasa karena mirip dengan type solder biasa tetapi type ini mempunyai semacam tombol di gagangnya (tembakan) yang bila ditekan sehingga soldernya akan cepat bertambah panas.

- Solder dengan pengatur suhu (Solder Station)
Type ini mempunyai pengatur suhu dan bisa dipilih suhunya sesuai kebutuhan. Biasanya type solder ini, ada ket. ESD Safe sehingga aman digunakan untuk solder perangkat IC.

 Gambar Solder Station

- Hot Blowwer
Hot Blowwer akan mengeluarkan semburan udara panas untuk mencairkan timah. Ada type Hot Blowwer Analog dan Digital.

Gambar Hot Blowwer Analog, silahkan klik disini
Gambar Nozzle Hot Blowwer Analog

Perbedaannya:
Hot Blowwer Analog pengaturan suhu maupun semburan udara panasnya dengan tombol yang diputar sedangkan type Digital berupa tombol yang bisa langsung ditekan dan nilainya akan langsung ditampilkan di display misal: suhu 350 derajat Celcius.

- Infra Red Blowwer
Mirip dengan hot blowwer biasa hanya saja semburannya bukan berupa udara panas tetapi berupa sinar infra merah. Type ini biasanya dipakai di servis center vendor level 3 ke atas.



Hot Blower Update Infrared Laser Soldering Station:
 

 



Bagi sahabat yang ingin belajar servis handphone ada baiknya minimal mempunyai solder biasa untuk berlatih menyolder komponen. Untuk lanjutannya bisa pula berlatih dengan Hot Blowwer analog.

TIPS:
  • Jika solder biasa anda tidak ada ESD safe, bisa dicoba melilitkan kawat di gagang solder (yang besi tetapi bukan mata soldernya) dan disambungkan ke paku beton yang terpasang di tembok, semakin dalam paku ke dalam beton akan semakin baik grounding untuk solder, factor kelembaban dalam beton juga berpengaruh untuk kualitas groundingnya.
  • Sebaiknya mata solder diberi timah sedikit setiap habis digunakan, hal ini untuk mencegah oksidasi yang bisa berakibat mata solder cepat rusak.  

Apa saja Alat Hardware dan Software yang dibutuhkan untuk Servis HP?...

Silahkan mendapatkan panduan lengkapnya ==> RahasiaHp.com
 
 
Oya untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat service hp beserta kisaran harganya bisa mengunjungi link dibawah ini: